Back To Top

Melalui Aplikasi SIP Pohon, Masyarakat Diharapkan Lebih Mencintai Pohon

Oleh superadmin 26 Okt 2016

PONTIANAK - Melalui Aplikasi SIP Pohon, masyarakat diharapkan dapat lebih mencintai pohon, dengan cara mengawasi dan menjaga kondisi pohon-pohon yang berada di taman kota dan hutan kota yang ada di Pontianak.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh satu di antara penggagas aplikasi SIP Pohon, Ketua Pontianak Urban Forest, Demanhuri saat mengisi talk show dalam acara Peluncuran Aplikasi SIP Pohon di gedung PCC, Minggu (23/10/2016) pukul 10.46 WIB.

Sejalan dengan yang disampaikan oleh Demanhuri, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak, Sri Sujiarti juga menyampaikan manfaat dari Aplikasi SIP Pohon.

"Selain membantu Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak mendata dan mengawasi pohon, aplikasi ini juga dapat membantu masyarakat agar mendapatkan data lebih mudah mengenai pohon-pohon yang ada di Jalan Ahmad Yani," kata Sri.

Diakuinya, aplikasi ini merupakan suatu inovasi yang sangat luar biasa manfaatnya bagi Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak maupun bagi masyarakat pada umumnya.

Aplikasi SIP Pohon memang merupakan suatu inovasi dari hasil kerjasama dan tukar pendapat antara Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak dengan Pontianak Urban Forest dan berbagai komunitas relawan Kota Pontianak yang tergabung dalam Forum Relawan Bahagia.

Untuk saat ini, Aplikasi SIP Pohon baru bisa digunakan untuk mengetahui data pohon-pohon yang berada di lajur jalan Ahmad Yani, yaitu dari bundaran tugu Digulis sampai ke perempatan lampu merah KPP Pratama.

Dalam aplikasi ini, juga terdapat fitur lapor yang dapat menampung keluhan masyarakat jika ada terjadi pohon yang tumbang.

Pengembangan lokasi selanjutnya akan kembali dilakukan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak dengan bekerjasama bersama relawan.

Aplikasi SIP Pohon ini nantinya akan tersedia di Google Play atau Play Store, sehingga mempermudah masyarakat mengunduh aplikasi tersebut, dan aplikasi ini merupakan aplikasi pertama yang ada di seluruh kawasan asia.

Sumber Tribun Pontianak